Rabu, 03 Agustus 2016

Understanding Requirment

Pada materi ini akan menjelaskan detail dari materi sebelumnya

Engineering Requirment

  • Inception
  1. Identifikasi stakeholder (semua orang yang terkait dalam aplikasi)
  2. Mengenali beberapa sudut pandang pengguna
  3. Bekerja dengan berkolaborasi antara user dan developer
  4. Menentukan pertanyaan - pertanyaan yang berhubungan dengan proyek
  • Eliciting Requirment
  1. Melakukan pertemuan yang dihadiri oleh developer dan client
  2. Aturan untuk melakukan persiapan dan partisipasi ditetapkan
  3. Membuat agenda
  4. Fasilitator (client, pembuat, atau orang luar) mengatur jalannya pertemuan
  5. Definition mechanism (work sheets, flip charts, or wall stickers or an electronic bulletin board, chat room or virtual forum) digunakan
  6. Mendapat tujuan akir (identifikasi masalah, elemen2 pemecahan masalah, negosiasi, spesifikasi awalan - awalan dari solusi yang dibutuhkan)
  • Element Analysis Model
  1. Scenario based elements: biasa digambarkan dengan use case diagram yang difungsikan menggambarkan interaksi antara user dengan sistem
  2. Class based elements: digambarkan dengan class diagram yang berfungsi menunjukan class - class yang ada pada program beserta attribute dan methodenya
  3. Behavioral elements: digambarkan dengan state diagram, yang digunakan untuk menunjukan status atau kondisi dari program setelah melakukan aksi, saat melakukan proses, atau sebelum melakukan aksi
  4. Flow oriented elements: digambarkan dengan data flow diagram, menggambarkan alur jalannya sistem
Contoh Class Diagram


Contoh State Diagram

Contoh Use Case Diagram


Negotiation Requirment
  • Indentifikasi kunci permasalahan dari stakeholder
  • Menentukan masing - masing penanggung jawab yang berkepentingan
  • Pastikan mendapat Win Win Solution agar client dan developer sesama senang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar