Riset pasar mengacu pada penggunaan informasi untuk mengidentifikasi dan menentukan peluang pasar dan masalah.
Kegunaan Riset Pasar
- Untuk mendapatkan informasi penting yang berhubungan dengan ide bisnis
- Dengan adanya riset pasar berfungsi untuk menemukan sesuatu yang baru
- Dengan adanya riset pasar juga dapat membantu bisnis tetap bertahan dan berkembang
Hal yang dituju Riset Pasar
- Market
- Mencari informasi customer yang dituju dan customer profile.
- Product atau jasa yang cocok dengan target pasar
- Harga yang tepat untuk produk tersebut
- Mencari distributor yang tepat
- Industry
- Mencari supplier yang tepat
- Mencari tahu apakah product yang dibuat dapat digantikan oleh product pesaing
- Mengincar pembeli yang penting atau membeli secara besar
- Mengenali pendatang baru yang memulai usaha
- Macro Enviroment
- Mengetahui adat istiadat di lingkungan target pasar
- Keadaan politik di lingkungan target
- Faktor ekonomi di lingkungan target
- Kemajuan teknologi di lingkungan target
Tidak ada komentar:
Posting Komentar